Selasa, 02 April 2013

LAMPION CANTIK DARI BENANG JAHIT


Ini adalah sedikit pengetahuan hasil pengamatan yang saya lakukan, yang saya salurkan pada saudara-saudari muda saya...(kok pake saya saya...suasananya jadi sedikit aneh ( baca unik)-->kopas Suhu


Salah satunya ini...



Bermula dari kebiasaan bermanfaat yang aku geluti sekian lama yaitu bermeditasi di areal tv, salah satunya channel yang meliput tentang hal yang aku anggap 'guweh' banget...cuman maaf, lupa channel dan acaranya karena sudah beberapa tahun yang lalu...menanyangkan tentang pembuatan kerajinan unik dari benang...yaitu lampion dari benang jahit....dan juga hasil beberapa percobaan search di beberapa situs...ini, itu, dan inu..

Sudah tiga periode alias tiga generasi aku berbagi pengetahuan tentang lampion yang satu ini...hasil-hasil karya saudara-saudari mudaku pun semakin bervariatif dan kreatif...

Biasanya, sebelum aku ngasih sedikit pengetahuanku pada mereka aku membuat dulu contoh benda yang akan mereka buat nanti agar memberikan gambaran "Seperti ini lho hasilnya..."
dan dari dulu sampai sekarang aku selalu menekankan..."Kalau ini hanyalah contoh, silakan untuk dikembangkan dan dimodifikasi sendiri sesuai dengan keinginan, imajinasi serta kekreatifan kalian"

LAMPION DARI BENANG JAHIT

Bahan dan alat yang dibutuhkan:

  1. Benang jahit (warna disesuaikan dengan karakter yang mau dibuat, example: Angrybirds dengan warna benang dominan merah, Spongebob dengan warna kuningnya, Doraemon dengan birunya)
  2. Balon tiup (kalau ada disesuaikan dengan karakter yang mau dibuat, misal doraemon dengan kepala bulat dan badan yang bulat berarti balon yang dipakai juga bulat)...'Kalau Spongebob bu? kan kotak...", Ibu Guru jawab: 'Buat aja Spongebob bulat karena baru keluar dari cangkang telur...he3'
  3. Lem kayu / lem putih
  4. Gunting
  5. Lampu dan perlengkapaannya (kabel, rumah lampu, steker, dll)
  6. Aksesoris untuk hiasan
Cara Pembuatannya: 
  1. Tiuplah balon sampai sebesar ukuran yang diinginkan
  2. Lilitkan benang pada balon secara melingkar dan rata
  3. Lumuri permukaan benang tersebut dengan lem kayu secara merata
  4. Lilitkan kembali benang pada balon sampai cukup tebal
  5. Keringkaan dengan cara dijemur atau diangin-anginkan kira-kira 3-5 jam
  6. Keluarkan balon dari lampion
  7. Hias lampion dengan aksesoris sesuai dengan yang diinginkan
  8. Rakit lampion dengan lampu

Jadi dech...

 Ini adalah beberapa hasil karya saudara saudari mudaku....








Dan ini adalah saudara saudari mudaku.....








*Untuk foto-foto yang lain menyusul yach saudara saudari....

Dalam proses pembuatan lampion ini, aku dan saudara saudari mudaku menemui beberapa kendala, antaralain:

  1. Lampion yang hasilnya lembek dikarenakan kurang bahan
  2. Keras tapi keriput , kalau ada yang tau penyebab dan cara mengatasinya mohon share
  3. Biaya yang cukup besar, karena harga bahan-bahannya lumayan menguras kocek uang saku, untuk mengatasinya aku keluarin jurus "Pembagian Kelompok Dengan Jumlah Anggota Lumayan Rame"..he3
Tapi aku percaya dengan kemampuan saudara saudari mudaku, semangat pantang menyerah, sampai akhirnya jadi juga Lampion dari Benang jahit yang cantik...

Semoga bermanfaat....

16 komentar:

ajib, karyanya keren, sueer suka sama cewek2nya #eeeeh dezig

bisa dikembangin tuh buat bisnis :D

@Panembahan Satyapradana: benul, kasih modalnya dwonx... ;) xixixi

Amazing....., inovatif, lanjutkan
utk bekal gnerasi bangsa
conggrutulation

@ Budi Pram: yups, terimakasih...

Foto yang pada mejengnya clos up dong,,biar keliatan cantiknya geto lhooooooooo.....

@Ade Syamsudin: semoga di edisi berikutnya bisa yah....

@Ade Syamsudin: semoga di edisi berikutnya bisa yah....

Maaf ni hny skedar br bagi ilmu,kl ad salahny hrap d maaf kn.Lampu benangnya jd lembek,it krn benang yg d gunakan salah,kebanyakan kl kt cr2 info d net benang ap yg d gunakn?kbnyakn menjawab benang jahit,it men jebak,beneng yg d gunakn. Lbi tebal dr benang jahit,jd hsil jdny gk lembek,kl gk salah tebalny sperti benang wol ,lebi tipis dikit tp gk berbulu seperti benang wol,kl memakai benang jahit pd umumny hsil keringny agk lembek krn benangny tipis,kl masalah kerut ,it masalah proses wkt pengeringan,usahakn wkt pengeringan jangan d jemur langsung d bw terik matahari,tp d angin anginin saja.kl yari info tntang lampu hias dr benang d net gk semua infonya benar teliti lebi dulu,kl masi pingin pakai benang jahit,wkt proses pembuatan benang jahit hrus d dobel minimal 3-4 benang d jadikn 1,wkt proses melilitkn benang d balon

@Anna D Pipid untuk referensi coba cek di sini mungkin bisa membantu.

tapi yang gambar di foto terakhir yang memakai pramuka itu bagus dan terlihat sempurna

OMAHKREASI.COM dan LampionBenang.com adalah toko online yang menyediakan barang-barang kerajinan tangan unik, berupa LAMPION BENANG. Produk kami merupakan inovasi yang kreatif dalam bidang lampion dengan varian produk yang variatif serta fitur yang estetik dan harga yang kompetitif.

Kami juga membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi RESELLER dan DROPSHIP produk Lampion Benang kami

@nicola elham : Memang BENAR yang digunakan adalah benang jahit. Jika prosesnya benar hasilnya akan keras namun tidak kaku....

OMAHKREASI.COM dan LampionBenang.com adalah toko online yang menyediakan barang-barang kerajinan tangan unik, berupa LAMPION BENANG. Produk kami merupakan inovasi yang kreatif dalam bidang lampion dengan varian produk yang variatif serta fitur yang estetik dan harga yang kompetitif.
Kami juga membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi RESELLER dan DROPSHIP produk Lampion Benang kami

sumpaah jdi kpngn bkin tapi kok gag meyakinkan

@Nicola ilham...ooo gtu ya, kemaren juga pas waktu awal-awal hasilnya masih lembek dan berkerut tp setelah banyak trial n error akhirnya jadi juga... anak2 yang saya ajarin juga gtu wajib 'pantang menyerah'....:P

@wawan nurdiansyah: link-nya gak bisa kebuka...>_<

@windang pertiwi: buat aja sis, sebenarnya gampang cuman perlu latihan dan wajib 'Pantang menyerah' :P

keren..
mau coba bikin nih, tapi gimana biar lampu dan hasil balonnya biar ga pisah??

Poskan Komentar